Hari Tua Butuh Apa? Cara Baik Menjalani Hidup Dengan Bahagia

Apakah kamu sudah tua dengan bentuk Peot, ompong dan mengesalkan? Apakah kamu sering menyusahkan orang disekitarmu? Dan apakah kamu cukup punya bekal menghadapi yang namanya tua? Masih kuat kawin lagi? Hari Tua Butuh Apa.  

Sudahkah Kamu mempersiapkan tabungan hari tua untuk masa depan nanti? “Sudah!!” Jawabmu. Tabungan itu bermanfaat sebagai salah satu sumber pendapatan ketika tidak lagi bekerja karena faktor usia. Makin dini mempersiapkan tabungan untuk hari tua, diharapkan Kamu akan makin sejahtera pula nantinya.

Usia tua juga berkaitan dengan masa pensiun. Kamu bisa membaca artikel Inilah Pentingnya Mengelola Uang Pensiun untuk Persiapan Pensiun sebagai tambahan informasi untuk persiapan menuju masa depan

Kamu harus menyadari bahwa waktu terus berjalan, sehingga hal ini perlu dilakukan sesegera mungkin. Bagaimana cara mempersiapkan dana untuk masa tua yang lebih sejahtera? Mari simak artikel ini!

Hari Tua Butuh Apa, Tabungan?

Sesuai istilahnya, tabungan hari tua merupakan dana yang dikumpulkan untuk persiapan pensiun atau ketika Kamu tidak lagi produktif bekerja. Tabungan hari tua merupakan bagian dari perencanaan pensiun yang mencakup tiga langkah, yakni mengidentifikasi sumber pendapatan, mengelola aset dan risiko yang dimiliki, serta membuat sumber tabungan.

Seberapa Penting?

Lantas, mengapa tabungan hari tua sangat penting meski usia Kamu masih produktif? Pasalnya, kebutuhan yang harus dipenuhi pada masa pensiun tidaklah sedikit. Misalnya, harga bahan pokok yang makin meningkat setiap tahun, membuat pengeluaran makin bertambah.

Oleh karena itu, dengan memiliki tabungan hari tua, diharapkan akan terhindar dari rasa kekhawatiran terhadap banyaknya pengeluaran ketika masa pensiun tiba. Tabungan hari tua juga bermanfaat supaya Kamu tidak perlu bergantung pada siapa pun, misalnya kepada anak atau anggota keluarga yang lain.

Ketika membutuhkan sesuatu pada masa pensiun, Kamu cukup memanfaatkan dana yang sudah disiapkan sebelumnya. Faktor lain seperti faktor kesehatan yang makin menurun pada masa lanjut usia, dapat menjadi pertimbangan penting untuk Kamu mempersiapkan tabungan hari tua sejak dini.

Manfaat

Selain alasan di atas, ada juga beberapa manfaat tabungan hari tua yang bisa menjadi landasan kuat Kamu harus memulai program tabungan ini.

1. Kebebasan Finansial pada Masa Pensiun

Alasan utama pentingnya tabungan hari tua penting adalah mencapai ketahanan finansial saat pensiun nanti. Kamu dapat mengumpulkan dana yang cukup besar untuk menutupi pengeluaran sehari-hari dan bahkan keinginan yang lebih besar pada masa pensiun.

2. Mengurangi Kekhawatiran Keuangan

Tabungan hari tua membantu mengurangi kekhawatiran finansial pada usia senja. Dengan memiliki dana yang cukup, Kamu tidak perlu lagi stres mengenai bagaimana mengatasi tagihan atau biaya kesehatan. Kamu akan merasakan kedamaian pikiran yang berharga nantinya.

3. Menjaga Gaya Hidup yang Diinginkan

Dalam masa pensiun, banyak orang yang masih ingin menjaga gaya hidup yang diinginkan. Tabungan hari tua memberikan kemampuan finansial untuk mewujudkan impian ini. Kamu bisa melakukan perjalanan, mengejar hobi, atau menikmati aktivitas yang selalu ingin dilakukan nantinya.

4. Perlindungan dari Kecelakaan Keuangan

Kehidupan penuh kejutan, dan kecelakaan keuangan bisa terjadi. Tabungan hari tua berfungsi sebagai perlindungan dari situasi keuangan yang tidak terduga, seperti krisis medis atau kerugian investasi. Jadi, tidak perlu mengambil risiko besar jika sudah memiliki tabungan yang kuat.

5. Mengatasi Masa Pensiun yang Panjang

Apabila dihitung secara detail, masa pensiun sama panjangnya dengan usia kita dari lahir sampai saat ini. Masa pensiun adalah hal yang positif, tetapi juga memerlukan persiapan yang baik. Dengan tabungan mencukupi, Kamu dapat merencanakan pensiun tanpa perlu khawatir mengenai masalah keuangan.

6. Peningkatan Kesejahteraan Mental dan Emosional

Tabungan hari tua juga berdampak pada kesejahteraan mental dan emosional Kamu. Memiliki jaminan finansial untuk masa tua membuat jiwa Kamu merasa lebih tenang, bahkan pada saat rambut memutih nanti.

7. Menghindari Utang di Masa Pensiun

Tabungan hari tua juga menghindari terjebak dalam utang saat pensiun. Jumlah tabungan yang cukup mencegah Kamu meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan dasar. Bahkan belajar mengelola keuangan dan mengalokasikan uang untuk tabungan juga membantu dalam membayar utang yang ada pada masa kini.

Tips dan Strategi

Banyak sekali manfaat yang dirasakan dari tabungan hari tua, bukan? Sekarang saatnya untuk menabung untuk masa tua nanti. Kamu bisa mulai dengan menetapkan empat langkah di bawah ini.

1. Menetapkan Tujuan Tabungan

Dalam menetapkan jumlah tabungan hari tua, Kamu harus menghitung waktu ketika Kamu akan pensiun. Umumnya, usia pensiun di Indonesia adalah 57 tahun, namun ada juga orang yang masih produktif bekerja sampai berusia 65 tahun. Apabila Kamu saat ini berusia 27 tahun dan ingin pensiun pada usia 57, artinya masih ada waktu 30 tahun untuk menabung dana hari tua.

2. Membuat Rencana Tabungan

Dalam membuat rencana tabungan, mulailah dengan mencari tahu kebutuhan Kamu, mulai dari kebutuhan harian (bahan pangan dan pakaian), kebutuhan transportasi, dana darurat, listrik dan air, biaya pengobatan, dan kebutuhan lainnya. Setelahnya, barulah Kamu bisa membuat perkiraan dananya selama masa pensiun. Saat menghitung dana pensiun, perkirakan tingkat inflasi yang akan terjadi.

Contohnya biaya pengeluaran rutin Rp5.000.000 per bulan. Jika memutuskan untuk pensiun pada usia 60 tahun dan angka harapan hidup saat ini adalah 75 tahun, maka estimasi rata-rata masa pensiun yang dijalani adalah 15 tahun. Sementara tingkat inflasi yang terjadi berkisar 6% per tahun. Total dana pensiun yang dibutuhkan adalah: (Rp5.000.000 x 15 x 12) + 6% = 903.600.000.

3. Pilihan Investasi yang Tepat

Selain menabung di bank, pertimbangkan juga untuk berinvestasi. Namun, pastikan untuk memahami risiko dan memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko Kamu.

Lebih baik melakukan diversifikasi tabungan dan investasi supaya portofolio keuangan Kamu tetap sehat. Selain itu, Kamu juga tidak akan bergantung pada satu jenis investasi saja. Setiap instrumen investasi bisa saling menopang sehingga Kamu tidak akan rugi banyak ketika salah satu instrumennya mengalami kegagalan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang profil risiko investasi, bacalah Sesuaikan Tujuan Keuangan dan Profil Risikomu Sebelum Berinvestasi.

4. Konsistensi dalam Menabung

Kunci keberhasilan dalam menabung adalah konsistensi. Tetapkan anggaran untuk menabung setiap bulannya yang bisa dialokasikan dari penghasilan Kamu. Selalu taati komitmen untuk menabung sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Bahkan dengan jumlah kecil, konsistensi akan menghasilkan akumulasi yang signifikan dalam jangka panjang.

Selalu Ada Tantangan

Tidak bisa dimungkiri bahwa ada tantangan yang ditemukan ketika Kamu komitmen dalam mengumpulkan dana untuk hari tua. Jangan khawatir, kami juga memberikan tips untuk mengatasi tantangan ini!

1. Mengatasi Biaya Hidup yang Meningkat

Selain konsistensi, tantangan lain dalam menabung untuk hari tua adalah biaya hidup yang terus meningkat. Untuk mengatasi ini, pertimbangkan untuk meninjau kembali anggaran Kamu secara berkala. Carilah cara atau strategi untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

2. Konsultasi dengan Penasihat Keuangan

Jika merasa bingung atau tentang perencanaan tabungan hari tua, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang penasihat keuangan. Mereka dapat memberikan panduan yang berharga untuk mengoptimalkan rencana keuangan. Penasihat keuangan bisa juga berasal dari keluarga atau teman yang sukses dalam menabung dan mengumpulkan dana untuk hari tua.

3. Menyesuaikan Rencana Tabungan

Kehidupan penuh dengan perubahan, dan demikian juga rencana tabungan hari tua Kamu. Jika terjadi perubahan besar dalam kehidupan, seperti kepindahan ke luar kota, pernikahan atau kelahiran anak, Kamu mungkin perlu menyesuaikan rencana tabungan.

4. Penanganan Darurat dan Perlindungan Asuransi

Selain tabungan hari tua, pastikan Kamu juga mempunyai tabungan dana darurat yang cukup untuk mengatasi situasi tidak terduga. Pertimbangkan juga untuk mempunyai perlindungan asuransi sebagai bentuk perlindungan dari risiko finansial ketika terjadi hal yang tidak diinginkan pada masa depan. Dan tahukah kamu, tabungan yang paling efektif adalah menjaga tubuh tetap sehat dengan berolah raga. Joging, misalnya.

Rutinitas hidup sehat dengan Joging

Joging dapat menjadi olahraga pilihan bagi Kamu untuk memulai rutinitas hidup sehat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Decathlon bersama YouGov pada tahun 2021, jumlah orang yang minat dengan olahraga joging mencapai 64% dari 1.000 responden yang disurvei di area Jakarta dan sekitarnya. Tidak heran olahraga ini menjadi pilihan karena ada banyak manfaat joging , baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Joging merupakan rekomendasi olahraga yang bisa meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, ada juga cara lainnya yang bisa Kamu baca lebih lanjut dalam artikel ini: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh. Kenali manfaat joging yang berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental Kamu dalam bacaan artikel ini!

Ada Banyak Hal Baik

Ada banyak hal baik jika kita suka olehraga termasuk joging. Mari kita mulai dengan membahas manfaat kesehatan yang bisa didapatkan melalui olahraga joging di bawah ini!

1. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru dan Kardiovaskular

Ketika Kamu berlari, paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot. Olahraga ini membantu memperkuat paru-paru serta meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga pernapasan menjadi lebih efisien.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Joging secara teratur juga baik untuk kesehatan jantung. Saat berlari, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga memperkuat jantung dan pembuluh darah. Aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang.

3. Mengendalikan Berat Badan

Joging adalah cara yang efektif untuk mencegah kelebihan berat badan. Joging bisa  membantu pembakaran lemak yang menjadi kunci menjaga berat badan ideal.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Massa Otot

Joging juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Berlari membuat tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan sehingga bisa memperkuat tulang dan mencegah cedera. Selain itu, joging juga melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, dan bokong, sehingga membantu mengencangkan tubuh. Setiap kali berolahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik, yang pada akhirnya membuat tubuh lebih kuat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari joging adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Joging secara teratur akan membuat tubuh memiliki respons yang lebih baik terhadap penyakit dan gangguan kesehatan. Aktivitas ini juga merangsang produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Intinya, joging secara konsisten akan membuat tubuh Anda tetap bugar dan tidak mudah sakit.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Joging juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gangguan tidur seperti insomnia. Aktivitas aerobik yang terlibat dalam joging juga dapat membantu menurunkan risiko sleep apnea.

Kesehatan Mental Pun Ikut Terbawa

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, joging juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental, seperti:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Joging termasuk dalam olahraga aerobik yang bisa  melindungi otak dari efek negatif stres. Joging secara teratur dapat meningkatkan fungsi eksekutif otak dan melindungi otak dari penurunan yang terkait dengan penuaan dan stres.

2. Meningkatkan Mood dan Perasaan Bahagia

Joging selama 10 menit dengan intensitas sedang setiap hari telah terbukti meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang mengatur suasana hati dan kemampuan untuk melakukan tugas mental yang kompleks. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Tsukuba, Jepang, yang diterbitkan melalui website-nya. Jadi, joging dapat membantu meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

3. Meningkatkan Energi dan Konsentrasi

Joging secara teratur juga dapat meningkatkan tingkat energi sepanjang hari. Selain itu, aktivitas ini juga membantu meningkatkan tingkat konsentrasi dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Penghargaan Diri

Mengatur rutinitas joging dan mencapai target tertentu dalam aktivitas fisik ini dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, Kamu akan merasa bangga dan menghargai diri sendiri karena telah melampaui batas yang dipikirkan sebelumnya.

5. Mengurangi Risiko Depresi dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental secara Keseluruhan

Joging secara teratur dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Hormon endorfin yang dilepaskan selama berlari dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi perasaan negatif.

Seputar Tips untuk Memulai

Menarik sekali melihat manfaat joging di atas, bukan? Agar manfaat di atas bisa dirasakan secara maksimal, lakukan enam langkah di bawah ini.

1. Konsultasikan dengan Dokter sebelum Memulai Program Joging

Sebelum memulai program joging, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pernah mengalami cedera. Pendapat dari dokter bermanfaat dalam merencanakan program joging yang sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan.

2. Pilih Sepatu Lari yang Sesuai untuk Menghindari Cedera

Gunakan sepatu lari yang sesuai dan nyaman untuk melindungi kaki dari cedera. Pilih ukuran sepatu yang tidak terlalu sempit untuk memaksimalkan efisiensi berlari. Gunakan juga kaus kaki untuk mengurangi gesekan antara telapak kaki dan bagian dalam sepatu yang menimbulkan ketidaknyamanan saat berlari.

3. Mulai dengan Langkah Kecil dan Tingkatkan Intensitas secara Bertahap

Mulailah rutinitas olahraga berlari dengan jarak dan waktu yang singkat agar tubuh tidak terlalu lelah dengan kebiasaan baru. Seiring tumbuhnya kebiasaan tersebut, Kamu bisa meningkatkan intensitas dan jarak secara bertahap sesuai dengan kondisi kebugaran yang makin terbentuk.

4. Tetaplah Terhidrasi dengan Minum Air yang Cukup Sebelum, Selama, dan Setelah Joging

Sediakan botol berisi air minum supaya Kamu tetap terhidrasi. Joging mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi sehingga memengaruhi kinerja tubuh. Maka dari itu, konsumsi air minum yang cukup sebelum, selama, dan setelah joging.

5. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan Sebelum dan Setelah Joging

Sebelum joging, lakukan pemanasan selama beberapa menit untuk mempersiapkan otot Kamu. Setelah berlari, lakukan pendinginan untuk mengurangi risiko cedera. Cari tahu lebih lanjut mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga dalam artikel ini: Jangan Terlewat, Ini 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga.

6. Buat Jadwal Rutin untuk Joging agar Menjadi Kebiasaan yang Teratur

Tentukan jadwal rutin untuk joging sehingga menjadi kebiasaan yang teratur dalam kehidupan Kamu. Disiplin dalam menjalankan rutinitas ini akan membantu Kamu meraih manfaat joging secara optimal.

Waktu yang bisa digunakan untuk joging adalah di pagi dan sore hari, dengan durasi 1 sampai 1.5 jam. Menurut Halodoc, baik pagi atau sore mempunyai manfaat tersendiri yang baik bagi kesehatan tubuh. Bila dilakukan di pagi hari, manfaat joging selain meningkatkan metabolisme, juga dapat membakar kalori. Sedangkan bila Kamu joging di sore hari, fungsi dan kekuatan otot dapat lebih optimal dan daya tahan lebih tinggi.

Tantangan dan Solusi

Tidak jarang kita menemukan tantangan dalam joging, apalagi jika hendak membentuk kebiasaan baru. Namun, setiap tantangan pasti ada solusinya. Lihat penjelasan mengenai tantangan dalam joging serta solusi yang bisa Kamu lakukan di bawah ini.

1. Mengatasi Kebosanan dengan Variasi Rute atau Mendengarkan Musik

Tantangan pertama yang muncul saat joging adalah bosan. Perasaan ini bisa muncul karena sensasi monoton akibat berlari di rute yang sama atau tidak ada hiburan saat joging. Untuk mengatasi kebosanan selama joging, coba variasikan rute lari Kamu. Tambahkan hiburan dengan mendengarkan musik yang menginspirasi agar semangat Kamu tetap terjaga.

2. Menghindari Cedera dengan Melakukan Peregangan dan Penguatan Otot

Tidak jarang ditemukan berbagai jenis cedera yang bisa menghambat aktivitas joging. Solusinya, lakukan peregangan untuk mencegah cedera otot sebelum dan setelah berlari. Selain itu, tambahkan latihan kekuatan otot ke dalam rutinitas untuk meningkatkan stabilitas dan ketahanan tubuh.

3. Mengatasi Kendala Cuaca dengan Alternatif Indoor seperti Treadmill atau Gym

Cuaca yang tidak mendukung terkadang menjadi alasan yang menghambat rutinitas joging yang terbentuk. Masalah ini bisa diatasi dengan mempertimbangkan untuk menggunakan treadmill di rumah atau berolahraga di pusat kebugaran (gym).

4. Menangani Kelelahan dengan Istirahat yang Cukup dan Pemulihan yang Kuat

Rasa lelah akibat joging perlu diatasi dengan istirahat yang cukup. Lakukan juga pemulihan kelelahan pada otot dan energi dengan mengompres hangat atau dingin pada bagian otot yang nyeri.

5. Tetap Termotivasi dengan Mencari Teman Joging atau Bergabung dengan Kelompok Joging Lokal

Tantangan terakhir yang cenderung dialami dalam membangun kebiasaan baik ini adalah kurangnya motivasi untuk melanjutkannya. Carilah teman joging atau Kamu bisa bergabung dengan kelompok joging lokal supaya tetap termotivasi dan terinspirasi dalam menjalankan aktivitas ini.

Mengetahui manfaat joging pada kesehatan fisik dan kesejahteraan mental, Kamu pasti termotivasi untuk memulai kebiasaan baru ini. Lakukan tips yang telah dibagikan di atas agar Kamu bisa merasakan manfaat joging secara maksimal. Jangan ragu jika menemukan tantangan dalam joging karena Kamu bisa melakukan solusi untuk mengatasinya.

Kamu juga harus tahu bahwa hidup itu butuh keseimbangan. Seimbang dalam mengisi rohani dan jasmani. Ketika semua terpenuhi hidup akan lebih berarti. Walaupun dalam kenyataan nya rohaniah tak hanya diisi dengan ibadah saja, dan jasmani tidak hanya dengan olahraga.

Ada ragam cara mengisi hidup ini dengan nilai-nilai rohani. Tahukah kamu jika musik bisa sangat membantu kita memenuhi kebutuhan rohani. Kata orang sih konser adalah kegiatan yang paling meggetarkan hati. Lalu pengalaman apa saja jika kamu menonton konser?

Pengalaman Berharga Menonton Konser

Menonton konser penyanyi atau band idola tentu merupakan salah satu pengalaman berharga merasakan pengalaman nonton konser sendiri atau bersama teman sebaya. Di tengah euforia konser artis yang lagi marak pada tahun ini, jangan lupa untuk melakukan persiapan nonton konser secara finansial. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan tidak hanya tiketnya, tetapi juga transportasi dan akomodasi selama menonton konser.

Sebelum mempersiapkan dana untuk konser, ada baiknya Kamu perlu mencari informasi konser yang ada di Indonesia melalui media sosial atau website. Tujuannya adalah agar Kamu bisa mengumpulkan dana sesuai dengan konser yang ingin dihadiri.

Salah satu akun media sosial yang bisa Kamu ikuti untuk mendapatkan informasi konser yang ada di Indonesia adalah akun Instagram @infokonser. Akun ini aktif setiap hari membagikan informasi konser yang diadakan di beberapa kota di Indonesia. Selain akun media sosial, Kamu juga bisa mengecek website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang aktif membagikan informasi konser. Portal berita yang ada di Indonesia seperti Liputan6.com atau CNBC Indonesia juga selalu menghadirkan informasi konser terbaru di website-nya.

Setelah menemukan informasi mengenai konser yang ingin didatangi, barulah Kamu bisa mempersiapkan dana untuk konser. Salah satu cara mempersiapkan dana untuk menonton konser adalah menabung. Namun, persiapan finansial untuk menonton konser sejatinya tidak terbatas pada menabung saja. Masih banyak strategi lain yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan keuangan Kamu sebelum menonton konser. Apa saja? Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Seputar Persiapan

Menonton konser musik merupakan pengalaman yang menyenangkan, terutama jika konser tersebut dibawakan oleh musikus favorit. Namun, sering kali orang terlalu terbawa suasana dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih besar daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu, persiapan finansial yang tepat sangat penting untuk menghindari terlilit utang akibat pengeluaran yang tidak terkendali. Mari kita bahas lebih lanjut alasannya di bawah ini.

Sudah pasti hati kita merasa senang dan puas setelah menonton konser karena bisa merasakan kesempatan untuk melihat penyanyi atau band idola secara langsung. Namun, tidak jarang orang yang merasa stres setelah menonton konser karena mereka harus menghadapi masalah keuangan.

Misalkan, tagihan kartu kredit atau utang yang membengkak karena pengeluaran yang besar saat menonton konser. Maka dari itu, persiapan finansial yang tepat dibutuhkan agar Kamu dapat menghindari stres keuangan ini dan menikmati pengalaman nonton konser dengan tenang.

Semua Kudu Dipastikan

Banyak orang tergoda untuk membeli tiket konser dengan harga yang tinggi, padahal pembawa konser tersebut belum tentu merupakan tokoh idola mereka. Tidak jarang pula penikmat konser musik perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk makanan dan minuman yang dijajakan di sekitar venue konser. Alhasil, tidak sedikit orang yang terlilit utang setelah menonton konser. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari atau membayar tagihan bulanan. Dengan persiapan finansial yang tepat, Kamu dapat memastikan bahwa pengeluaran selama konser tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Persiapkan Dirimu

Melihat dua alasan di atas, Kamu pasti sudah paham mengenai pentingnya persiapan finansial sebelum menonton konser. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk mempersiapkan diri secara finansial sebelum menonton konser atau bersama orang terdekat:   

1. Menetapkan Anggaran yang Realistis untuk Tiket Konser

Sebelum membeli tiket konser, pastikan Kamu menetapkan anggaran yang realistis. Carilah informasi tentang harga tiket dan bandingkan dengan anggaran yang telah Kamu tetapkan. Jangan tergoda untuk membeli tiket dengan harga yang mahal apabila harga tiket tersebut berpotensi mengganggu keuangan Kamu.

2. Membuat Rencana Menabung untuk Mencapai Target Keuangan

Setelah mengetahui informasi harga tiket, langkah berikutnya adalah membuat rencana menabung untuk mencapai target keuangan tersebut. Kamu bisa membuat jadwal menabung secara harian, mingguan, atau bulanan. Alokasikan sejumlah dana yang harus ditabung setiap periodenya dan tetapkan durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

3. Mencari Promo dan Diskon untuk Mendapatkan Tiket dengan Harga Terjangkau

Biasanya, konser yang dihadiri oleh artis ternama dan memiliki banyak peminat sering diikutsertakan dengan promo dan diskon. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan mencari informasi jika ada promo atau diskon untuk tiket konser yang ingin dibeli. Kamu dapat mencari informasinya di website resmi artis, venue konser, atau media sosial dari merchant dan pihak yang bekerja sama dengan konser tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa secara berkala untuk memastikan Kamu tidak ketinggalan informasi mengenai tawaran ini.

4. Memperhitungkan Biaya Transportasi dan Akomodasi yang Sesuai dengan Anggaran

Biaya transportasi dan akomodasi juga perlu dimasukkan ke dalam anggaran persiapan nonton konser, khususnya jika konser tersebut diadakan di lokasi yang berbeda dari kota Kamu. Buatlah estimasi perkiraan biaya transportasi dan akomodasi dan pastikan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat. Setelah mencapai angka yang tepat, Kamu bisa mulai menabung dan mempersiapkan dana untuk memenuhi biaya transportasi dan akomodasi yang perlu dikeluarkan.

5. Mengontrol Pengeluaran Selama Konser dengan Mengatur Anggaran Makanan dan Minuman

Saat menonton konser, sering kali orang tergoda untuk membeli makanan dan minuman dengan harga yang mahal di sekitar venue konser. Oleh karena itu, pastikan Kamu mengatur anggaran makanan dan minuman sebelum pergi ke konser. Beberapa venue konser melarang penonton untuk membawa makanan dan minuman ke dalamnya, jadi pastikan Kamu sudah makan dan minum terlebih dahulu sebelum menonton konser. Selain itu, Kamu bisa membeli makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau di luar venue konser.

6. Mengalokasikan Dana untuk Dana Darurat atau Investasi

Terakhir, jangan lupa untuk mengalokasikan sebagian uang untuk dana darurat dan investasi. Dana darurat bisa digunakan agar tidak perlu menggunakan kartu kredit atau mengajukan pinjaman selama menonton konser sehingga keuangan Kamu tetap sehat dalam jangka panjang. Sementara itu, investasi juga dibutuhkan supaya Kamu bisa memenuhi tujuan keuangan jangka panjang yang ingin dicapai.



Bersambung, Next Time

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Singkat Cerita, Bandwagon Effect

Coba Lakukan Micro Breaks, Saat Tertekan Karena Beban Kerja

Blog. Diperbarui Secara Berkala