Kebiasaan Buruk | Hati - Hati

Kebiasan buruk berakibat buruk terutama bagi kesehatan kita, anda dan keluarga anda. Tidak disangka, gaya hidup seringkali berujung kepada masalah kesehatan yang kronis. Di zaman yang menuntut segalanya serba cepat, jadi semakin banyak penyebab penyakit yang disebabkan oleh stres dan tekanan yang dialami setiap hari. Jika berbicara tentang kanker, kebiasaan yang paling sering disebut-sebut sebagai penyebab kanker adalah merokok atau meminum alkohol. Namun ada kebiasaan lain yang juga bisa menyebabkan penyakit seperti kanker. Berikut adalah  kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit

Duduk terlalu lama

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research telah menunjukkan bahwa orang yang duduk terlalu lama kesempatan mengalami peradangan di dalam organ internal di perut bagian bawah akan semakin besar dan bisa terkena kanker. Lagipula, duduk terlalu lama bisa mengurangi aktivitas fisik yang bisa menyebabkan kanker endometrium dan kanker usus besar.

Pengunaan bedak bubuk

Jika suka memakai bedak bubuk, disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak, terutama di bagian kewanitaan. Sebuah studi pada tahun 2010 menunjukkan bahwa penggunaan bedak bubuk di daerah kewanitaan bisa menyebabkan kanker ovarium.

Bekerja hingga larut malam

Sebuah fakta mengatakan bahwa bekerja larut malam bisa meningkatkan resiko kanker payudara bagi wanita. Pada sebuah studi dengan peserta 2000 wanita, ditemukan bahwa wanita yang bekerja larut malam selama lebih dari 2 bulan bisa terkena penyakit tersebut. Tekanan pada melatonin, gangguan pola hidup dan perubahan gaya hidup adalah penyebab utamanya. Kurangnya vitamin D juga bisa menjadi penyebab lain.

Tidur di dekat ponsel

Ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan dan bisa menyebabkan kanker. Alasan utama mengapa itu bisa terjadi adalah karena pancaran radiasi. Hal ini meningkatkan resiko kanker payudara dan tumor otak.

Minuman manis

Gula menguatkan sel kanker dan memperbanyak jumlah sel kanker. Teh manis, soda, dan minuman manis adalah kebiasaan lain yang bisa menyebabkan kanker.


Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Rasa ingin buang air kecil memang tak bisa diatur manusia. Hal ini bisa terjadi dalam keadaan apa saja, termasuk saat di luar rumah, misalnya saat dalam perjalanan, menonton film di bioskop, maupun meeting penting. Jika merasakan ingin buang air kecil, tak perlu malu maupun malas untuk keluar sebentar dari meeting atau bioskop. Menunda hal ini malah membuat Anda tak nyaman dan bila dilakukan berulang kali malah membuat masalah kesehatan baru.

Rasa buang air kecil didapat saat kandung kemih, tempat menyimpan air dalam tubuh sudah penuh terisi. Kandung kemih punya kemampuan menampung air sekitar 15 ons (delapan gelas air sekitar 64 ons). Saat kandung kemih penuh akan mengirim pesan ke otak agar segera dikeluarkan. Inilah yang membuat manusia ingin buang air kecil.



Bahaya Merokok 

Merokok dapat menyebabkan ketergantungan, terlihat pada sebagian besar para perokok akan merasakan hal yang aneh dalam dirinya ketika satu hari tidak merokok. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan kesehatan dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki, seperti berikut ini.

Rambut Rontok

Merokok dapat mengakibatkan rambut rontok hingga kebotakan. Sebab, rokok dapat menurunkan sistem imun pada perokok, sehingga akan rentan terserang virus dan penyakit salah satunya adalah penyakit lupus erythematosus. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti rambut rontok, kebotakan, sariawan, bintik merah pada wajah, tangan dan kulit kepala.

Penyakit Katarak

Dengan merokok dapat beresiko mengalami gangguan pada mata, salah satunya adalah katarak. Katarak merupakan penyakit yang menutupi bagian lensa mata dan berwarna putih susu, sehingga dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini dapat terjadi pada perokok, sebab rokok dapat melepaskan zat kimia pada paru – paru. Zat tersebut kemudian di bawa oleh aliran darah hingga menuju mata, alhasil zat tersebut akan terus menumpuk sampai menutupi lensa mata.

Penyakit Kulit

Merokok memang tidak diperuntukkan bagi seseorang yang menginginkan hidupnya sehat. Apalagi bagi orang yang menginginkan kulitnya terhindari dari masalah kulit. Sebab, merokok dapat merusak protein, menghambat aliran darah dan mengikis vitamin A. Sehingga mengakibatkan kulit kering, keriput dan tidak lagi elastis. Hal ini dapat dilihat pada bagian kulit sekitar mata dan bibir para perokok. Selain itu, merokok juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker kulit yang dapat meninggalkan bercak di kulit dan penyakit psoriasis yang juga meninggalkan bercak merah gatal serta berair pada kulit.

Memicu Pertumbuhan Sel Kanker

Merokok dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh 40 macam kandungan zat karsinogen dalam satu batang rokok. Zat tersebut dapat memperbesar resiko terkena kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kerongkongan, kanker pada mulut dan bibir.

Selain itu, bagi perokok wanita dapat mengalami resiko terkena kanker uterus atau kanker mulut rahim. Sebab, zat nikotin dalam asam rokok masuk dalam tubuh kemudian terbawa oleh darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Nah, zat nikotin inilah yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker up normal sehingga mengakibatkan kanker uterus. Hal ini juga tidak hanya berlaku pada perokok, namun bukan perokok yang menghirup asap rokok secara sengaja yang 2 kali lebih beresiko. Untuk itu, hindari dan peringatkan para perokok agar menjauh atau menyuruh merokok pada smoking area.



Mengakibatkan Tuli

Hal ini dapat terjadi karena merokok dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah berupa endapan yang dapat menghambat aliran darah, salah satunya aliran darah yang menuju ke telinga. Karena adanya gangguan tersebut, para perokok akan lebih beresiko mengalami tuli atau hilangnya kemampuan mendengar.

Pengeroposan Tulang

Merokok ternyata dapat mengakibatkan kepadatan tulang semakin menurun yang diakibatkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, sehingga terjadilah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat karbon monoksida pada asap rokok. Zat ini sama dengan asap kendaraan bermotor dan asap pabrik yang dapat menurunkan kadar oksigen sebanyak 15%.

Karies Gigi

Merokok dapat mengakibatkan gigi kuning, plak dan karang gigi yang disebabkan oleh zat nikotin dalam rokok. Pada akhirnya juga dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi.

Emphysema

Emphysema merupakan salah satu penyakit pada paru-paru yang mengakibatkan kerusakan dan pelebaran kantung udara. Sehingga dapat menurunnya kapasitas paru-paru untuk menampung dan menghisap O2 dan mengeluarkan CO2.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun, merokok dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan merokok dapat mempercepat detak jantung, disamping itu juga dapat mengalami penyumbatan pembuluh arteri dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok sambil minum kopi juga dapat menggandakan resiko tersebut.

Disklori Jari

Merokok juga dapat membuat kuku tangan dan kaki menjadi berwarna kuning kecoklatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tar dalam asap rokok.

Tukak Lambung

Rokok dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan pada lambung, salah satunya tukak lambung yang sulit untuk disembuhkan. Selain itu, lambung tidak dapat bekerja secara normal kembali.

Menderita Penyakit Throaboanginosis Obliteran / beurger

Penyakit ini dapat terjadi pada perokok yang diakibatkan oleh aliran darah  yang terhambat karena adanya inflamasi pada syaraf kaki dan arteri serta vena. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya mati rasa apabila tidak ditangani lebih lanjut maka jalan satu-satunya harus diamputasi.

Sebelum terlambat hindari dan berhentilah melakukan kebiasaan supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Sayangilah dirimu seperti Keluarga menyayangimu. Lakukan kebiasaan baik dan tinggalkan kebiasaan buruk. Jadilah dirimu yang sehat dan mandiri...salam


Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Singkat Cerita, Bandwagon Effect

Coba Lakukan Micro Breaks, Saat Tertekan Karena Beban Kerja

Blog. Diperbarui Secara Berkala