Cara Motivasi Diri dan Kerja

Tak semua pegawai merasa bersemangat saat berangkat ke kantor. Ada saja perasaan jenuh dan malas yang menganggu hingga membuat semangat tersebut berkurang saat bekerja. Meski begitu, sebenarnya ada banyak hal yang bisa mendorong Anda agar lebih semangat dalam bekerja. Bahkan Anda bisa memotivasi diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Ingat, semangat untuk bekerja keras merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. 



Berikut cara memotivasi diri sendiri untuk bekerja keras :

Fokus pada Tujuan Berkarir

Salah satu cara termudah mendorong diri sendiri adalah dengan merasa yakin pekerjaan tidak akan terasa berat saat Anda bekerja keras. Fokus pada tujuan Anda akan membuat pekerjaan apapun terasa jauh lebih mudah. Buatlah kerja keras sebagai sesuatu yang mudah dengan menganggapnya sebagai tantangan untuk ditaklukan.


Berkumpul dengan Rekan Kerja yang Bekerja Keras

Hindari rekan kerja yang senang mengeluh dan malas. Pastikan Anda berkumpul dengan rekan kerja yang senang bekerja keras serta membantu Anda. Itu lantaran pikiran dan perilaku Anda juga sedikit banyak dipengaruhi rekan kerja lain.


Permudah Pekerjaan yang Ada

Buatlah pekerjaan menjadi mudah dengan membaginya ke dalam tugas-tugas kecil. Yang terpenting adalah mengerjakannya secara keseluruhan dan langkah tadi akan membantu Anda membuatnya menjadi lebih mudah.


Bersikap Positif

Kegagalan dapat menimpa siapa saja yang tidak yakin dirinya dapat meraih kesuksesan. Pastikan Anda selalu berpikir dan bersikap positif saat bekerja. Jangan pernah melihat pegawai lain sukses dengan rendah diri. Tapi jadikan kesuksesan orang lain sebagai cambuk untuk diri sendiri agar gemilang dalam berkarir.






Cara Memotivasi Sebuah Tim



Jika tim Anda sudah termotivasi untuk bekerja dengan baik, pelaksanaan tugas akan menjadi lebih mudah, lebih menyenangkan, dan lebih dinamis. Agar Anda bisa memotivasi tim untuk berhasil, Anda harus menjadi pemimpin yang tangguh, yang bisa memberikan perhatian secara individual dan mengakui mereka sebagai sebuah tim. Baik sebagai direktur operasional sebuah perusahaan atau kapten tim tenis, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat orang-orang di sekitar Anda termotivasi dan bersemangat menghadapi tantangan berikutnya. Jika Anda ingin mulai memotivasi tim Anda hari ini juga, Anda bisa memulainya dengan Langkah berikut ini.


Diskusikan Manfaat dari Keberhasilan

Jika Anda ingin tim Anda termotivasi, Anda harus menjelaskan hasil-hasil positif yang akan diperoleh dari pencapaian sebuah tujuan. Dengan menerapkan langkah untuk memotivasi tim ini, Anda memberikan kendali ke dalam tangan mereka sendiri atas penerimaan kompensasi dan penghargaan lainnya di kemudian hari. Tim Anda harus bisa melihat bahwa keberhasilan mereka akan memberikan manfaat bukan hanya bagi perusahaan, melainkan juga untuk setiap anggota tim secara individual. Jika Anda benar-benar ingin memotivasi mereka, Anda harus menetapkan sasaran Anda serealistis mungkin agar mereka bisa merasakan penghargaan yang nyata.


Jagalah agar tim Anda Merasa Tertarik

Tumbuhkan rasa ingin tahu dalam pola pikir setiap anggota tim Anda sehingga mereka cukup tertarik untuk mencapai sasaran yang Anda harapkan. Dengan melakukan hal ini, para anggota tim Anda akan mempunyai keinginan untuk belajar lebih banyak. Hal ini bisa dicapai jika Anda mengerti apa yang menyenangkan atau menarik minat anggota tim Anda. Cari tahu hal-hal apa yang paling penting bagi mereka baik secara tim dan secara individual. Jika Anda bisa menjaga segala sesuatunya tetap menarik dan menyenangkan dengan menyampaikan sasaran yang nyata, rencana perubahan, dan peningkatan, akan membuat mereka tetap ingin bekerja.


Tentukan Sasaran yang Realistis 

Kenali kemampuan tim Anda dan tentukan sasaran yang benar-benar bisa mereka capai. Ada baiknya jika Anda mempunyai sebuah ambisi pada saat menentukan sasaran, tetapi jika Anda membuatnya terlalu menantang sampai tim Anda akhirnya gagal, maka setiap orang akan patah semangat. Buatlah sasaran yang realistis dan siapkan sarana yang bisa menunjukkan pencapaian mereka untuk memperlihatkan bahwa mereka sudah semakin dengan dengan sasaran yang ingin mereka capai. Membuat sasaran-sasaran kecil dalam mencapai tujuan juga merupakan cara yang baik dalam memastikan keberhasilan, sehingga tim Anda tidak merasa bahwa apa yang mereka lakukan sudah seluruhnya atau tidak sama sekali.


Ciptakan Persaingan yang Sehat

Ciptakan lingkungan kerja dengan persaingan yang bisa menggerakkan setiap anggota tim Anda untuk mencapai sasaran mereka. Adakan persaingan kecil dengan penghargaan yang nyata, bisa saja dengan mengajak makan siang gratis, untuk membuat mereka gembira karena sudah bekerja sebaik mungkin. Cara ini bisa membuat tim Anda merasa memperoleh lebih dari apa mereka harapkan, selama Anda menetapkan pedoman yang jelas dan pastikan bahwa hubungan mereka tetap terjalin dengan baik satu sama lain.

Bentuk beberapa tim kecil dalam tim Anda lalu berikan tanggung jawab kepada mereka masing-masing untuk mencapai salah satu aspek yang mendukung tercapainya sasaran. Berikan insentif yang akan memacu semangat mereka, tetapi jagalah agar suasana persaingan ini tetap sehat dan jangan sampai ada yang berbuat kasar atau memakai cara-cara yang curang. Pastikan Anda mengenal setiap anggota tim Anda dengan baik secara individual agar orang-orang juga saling peduli satu sama lain.






Jadikan Setiap Anggota Tim Sebagai Pemegang Kendali Atas Nasib Mereka Sendiri

Tentu saja Anda ingin agar tujuan Anda tercapai, tetapi dengan membuat setiap anggota tim Anda merasa sebagai pemegang kendali akan muncul perasaan dalam diri mereka bahwa keberhasilan dalam meraih tujuan ini adalah keinginan mereka juga. Jika mereka merasa sepertinya Anda hanya berteriak-teriak memberikan perintah kepada mereka dan selalu mengawasi mereka satu per satu, mereka akan merasa diperlakukan sebagai orang-orang yang tidak punya inisiatif atau tidak bisa mengendalikan situasi. Salah satu cara untuk membuat anggota tim merasa bahwa mereka lebih memiliki kendali adalah dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkontribusi bagi tercapainya tujuan perusahaan jika diperlukan. 


Mencari Cara untuk Memberikan Penghargaan Saat Memotivasi 

Dengan melakukan hal ini, anggota tim mengetahui bahwa usaha mereka secara individual akan dicatat dan tidak dianggap hanya sebagai hasil kerja tim. Cara ini akan memberikan semangat bagi semua anggota untuk terus memberikan kontribusi mereka. Jika para anggota hanya dihargai dan diakui sebagai sebuah tim, mungkin saja mereka lebih cenderung bersembunyi di balik usaha orang lain. Pada akhirnya cara ini hanya akan menimbulkan kekecewaan bagi mereka yang sudah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Sediakan waktu untuk memeriksa sendiri masing-masing anggota untuk seluruh tim sehingga mereka mengetahui bahwa Anda mengenali kekuatan mereka dan selalu siap membantu mengatasi kelemahan mereka. Mereka juga akan merasa bahwa Anda cukup peduli dengan bersedia memberikan waktu untuk bertemu langsung dengan anggota tim secara individual.


Buat agar Anggota Tim Saling Bekerja Sama

Susun rencana kerja yang membutuhkan kerja sama di antara anggota tim sehingga mereka mau tidak mau harus bekerja bersama-sama agar bisa mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Jika setiap anggota tim bekerja sendiri-sendiri, mungkin tidak akan ada kesatuan yang kuat. Seseorang yang bekerja sendiri tidak akan bisa membuat tim berhasil, dan keberhasilan yang optimal bisa tercapai apabila semua anggota dari tim bekerja sama sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan mereka.

Kenali apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari setiap anggota tim, dan temukan cara agar orang-orang dengan bakat yang berbeda bisa bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain. Lakukan penggabungan. Menentukan orang-orang untuk bergabung dalam sebuah tim tidak harus selalu orang yang sudah biasa bekerja sama karena mereka merasa cocok atau karena sudah akrab satu sama lain. Jika ada dua orang yang tidak saling mengenal dengan baik, coba membuat mereka sebagai pasangan untuk meningkatkan kerja sama tim secara keseluruhan.


Kenali Setiap Anggota dari Tim Anda

Mengenali setiap anggota dari tim dan mengerti apa yang bisa membuat setiap orang tergerak akan membantu Anda dalam memotivasi tim. Jika Anda berusaha memahami setiap orang satu per satu, Anda bisa melihat bahwa ada orang-orang yang lebih mudah belajar melalui penglihatan, ada orang-orang yang lebih mudah menerima kritikan dibandingkan yang lain, ada yang terlahir sebagai pemimpin, dan ada orang-orang yang bekerja paling baik di bawah bimbingan anggota tim yang lebih berpengalaman. Dengan memberikan waktu untuk memperhatikan setiap orang satu per satu, Anda akan melihat adanya perbedaan dalam cara kerja yang dilakukan oleh tim Anda.






Berikan Penghargaan bagi Anggota dari Tim Anda

Jika ada seseorang yang berulang tahun, baru menikah atau mempunyai bayi, buatlah mereka merasa istimewa. Kirim email. Bawakan kue. Berikan kartu yang lucu  atau apa saja yang dirasa cocok dengan acaranya, selama Anda tetap menghormati kebebasan pribadi orang yang bersangkutan. Sangatlah penting untuk membuat setiap anggota tim merasa dirinya diutamakan, diinginkan dan dibutuhkan. Penghargaan atas keberhasilan kerja bagi anggota tim Anda akan tetap bisa bermanfaat selama hal ini tidak mengakibatkan persaingan yang semakin besar.


Bersikap Ramah tetapi Jangan Terlalu Akrab (Berlebihan)

Anda perlu bersikap ramah dengan anggota tim Anda, menyapa mereka, agar mereka merasa dibutuhkan dan diperhatikan, tetapi jangan melangkah terlalu jauh. Jika Anda menjadi terlalu akrab dengan anggota tim Anda, mungkin saja mereka tidak mau lagi mendengarkan Anda atau tidak menganggap Anda penting sebagaimana seharusnya mereka lakukan jika Anda tetap menjaga jarak dengan mereka. Ini adalah keseimbangan yang sulit untuk dicapai. Anda ingin anggota tim Anda merasa nyaman pada saat berbicara dengan Anda dan memberikan mereka keleluasaan untuk berkomunikasi, tetapi tidak membiarkan mereka tetap nyaman pada saat mereka menganggap tidak apa-apa jika mereka lalai atau datang terlambat ke tempat kerja karena Anda adalah pimpinan yang baik hati.


Adakan Kegiatan di Luar Tempat Kerja

Berikan motivasi kepada tim Anda dengan melakukan kegiatan yang tidak hanya kerja, kerja, kerja. Ajak anggota tim Anda untuk sejenak menghibur diri satu kali dalam sebulan agar mereka bisa merasa sedikit lebih santai. Bermain bersama regu softball di hari Minggu dengan anggota tim yang tertarik untuk bergabung. Ajak semua orang dalam tim untuk pergi makan siang/berenang bersama setiap dua minggu sekali, agar tidak setiap orang pergi makan sendiri-sendiri, sehingga mereka lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras sebab mereka saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik.


Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Jika suasana di kantor tegang, tidak akrab, dingin, dan tidak bersahabat, tentu saja, karyawan Anda tidak akan termotivasi seperti jika mereka datang ke kantor dengan perasaan senang, aman, dan hangat. Wajar saja, selalu ada orang-orang yang tidak pernah suka datang ke tempat kerja, tetapi Anda bisa melakukan yang terbaik untuk membuat mereka merasa senang dengan pengalaman ini. Sediakan makanan kecil di kantor, ada jendela-jendela bagi masuknya sinar matahari, dan ciptakan suasana kerja yang penuh persahabatan agar orang-orang merasa nyaman. Usahakan berkomunikasi secara langsung, daripada menggunakan media obrolan atau email. Biarkan orang-orang saling bertemu dan berbicara satu sama lain. Cara ini bisa mengurangi efisiensi sebesar 10%, tetapi akan memberikan dorongan semangat yang sangat berarti.


Nyatakan Secara Spesifik

Jika tim Anda bekerja dengan baik, jangan sekadar mengatakan, "Bagus! Anda sudah bekerja keras!" Buat mereka merasa bahwa Anda benar-benar menghargai mereka dengan mengungkapkan fakta-fakta secara spesifik untuk menunjukkan apa yang dimaksud dengan tim yang sudah bekerja keras.

Sangatlah penting untuk menyatakan secara spesifik pada saat Anda memberikan kritikan. Daripada Anda mengatakan, "Anda harus bekerja lebih keras," sampaikan dengan cara lain misalnya, "Tim ini harus lebih giat bekerja untuk membuat lebih banyak laporan bulanan. Jika kalian menambah satu saja laporan dalam seminggu, produktivitas akan benar-benar melonjak."


Jaga Agar Suasana Tetap Hangat dan Menyenangkan

Jika pekerjaan Anda dan tim Anda cukup sederhana, cobalah menggabungkan dengan hal-hal lain semampu Anda. Seandainya pekerjaan tim Anda adalah membuat laporan harian, cobalah mengusahakan cara baru yang lebih kreatif agar mereka tidak selalu melakukan hal yang sama setiap hari, sehingga mereka tetap termotivasi dan merasa senang berada di sana. Tidak masalah apa tugasnya, jika anggota tim Anda harus melakukan hal yang sama 8 jam sehari, setiap hari, suatu saat mereka akan bosan dan kehilangan motivasi.

Anda harus menggabungkan kegiatan rutin dengan hal-hal baru setidaknya beberapa jam dalam seminggu. Sekalipun cara ini pada awalnya akan sedikit mengurangi produktivitas, orang-orang akan merasa lebih senang, dan dalam jangka panjang bisa meningkatkan produktivitas.


Selalu Bersikap Positif

Jagalah cara pandang dan sikap Anda agar selalu positif. Meskipun keadaan tidak berjalan baik, tetaplah bertahan sebisa mungkin, sebab sikap yang positif dan negatif bisa sangat menular. Jika Anda menjaga sikap yang positif, anggota tim Anda pasti akan mengikutinya, dan mereka akan lebih termotivasi. Jika setiap orang tenggelam dalam kesedihan, dapat dipastikan mereka akan bekerja dengan hasil yang lebih sedikit. Jika anggota tim Anda merasa sudah tidak ada yang bisa mereka harapkan lagi, untuk apa mereka terus bekerja?


Jadilah Pemberi Teladan yang Baik

Jika Anda benar-benar ingin memotivasi tim Anda, Anda harus memberikan teladan yang baik dan menjadi seseorang yang bisa menjadi panutan bagi setiap anggota tim. Anda tidak harus sempurna, tetapi Anda harus bisa tampil sebagai seorang pekerja keras, berpikiran logis, mau berkomunikasi, cukup cerdas, dan seorang pekerja yang bisa diandalkan. Jika Anda tidak menunjukkan sifat-sifat utama yang Anda inginkan tim Anda miliki, mengapa anggota tim Anda harus melakukannya? Perlakukan semua karyawan Anda dengan ramah dan hormat. Tentukan sebuah pedoman tentang perilaku yang baik. Jika Anda membuat kesalahan, jangan berusaha menutupinya. Akuilah dan tetap bergerak maju. Tim Anda akan menghargai apa yang Anda lakukan.


Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Singkat Cerita, Bandwagon Effect

Coba Lakukan Micro Breaks, Saat Tertekan Karena Beban Kerja

Blog. Diperbarui Secara Berkala